Media Pendidikan dan Kebudayaan Online

Kamis, 15 September 2022

Sukarno, SIP, SS Menerima Tanjak dari Tokoh Masyarakat Siak, Riau

SEMARANG. Sukarno, SIP, SS (penulis dan editor yang juga penggagas Gerakan Nasional Tulis Buku) mendapatkan tanjak dari  Winda Harniati, S.Pd, M.Pd. tokoh masyarakat Siak, Provinsi Riau pada pekan lalu. Pemberian tanjak berlangsung pada acara Studi Banding SMP Negeri 1 Mempura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau di SMP Negeri 39 Semarang. Rombongan dipimpin oleh kepala SMP Negeri 1 Mempura Winda Harniati, S.Pd, M.Pd. 

"Alhamdulillah hari ini saya  Sukarno, SIP, SS (penulis dan editor) mendapatkan tanjak dari Bu Winda Harniati, S.Pd, M.Pd. tokoh masyarakat Siak, Provinsi Riau. Terima kasih. Semoga bermanfaat dan barokah. Aamiin," harap Sukarno, SIP, SS.

Selain Sukarno, SIP, SS, beberapa orang lainnya di Kota Semarang yang diberi tanjak oleh Winda Harniati, SPd, MPd yaitu Erwan Rachmat, SPd, MPd Kabid Pembinaan SMP, Agusalim SPd, SKom, MKom Kepala SMP Negeri 39 Semarang, dan Ganjar Pranowo, MIP Gubernur Jawa Tengah.

Makna Tanjak 

Menurut Samsul Nizar (Guru Besar & Ketua STAIN Bengkalis Kampus Melayu), Tanjak dalam budaya Melayu mengandung makna yang dalam. Bukanlah sembarang memakai tanjak bila diri tak mengerti atas tanjak dipakai, apalagi tak sebati dengan karakter diri dan perilaku yang ditampilkan sehari-hari.

Dalam budaya Melayu, tanjak merupakan tradisi dan jati diri orang Melayu. Tanjak memiliki lambang kewibawaan, struktur masyarakat, semangat, cita-cita, dan harga diri. Kompleksitas bentuknya menunjukkan tugas yang berbagi sesuai jenis tanjak si pemakainya. Tanjak biasanya digunakan lelaki saat ingin pergi keluar, layaknya sebuah songkok dalam budaya nasional. 

Namun, filosofi tanjak tak sesederhana yang dipahami dan sebatas penutup kepala belaka. Sebab, tanjak memiliki arti  “nanjak atau naik/menjulang ke tempat yang tinggi”, baik status, kualitas diri, cita-cita, bahkan karakter budi (akhlak) yang menjadi tauladan. Tanjak adalah lambang kehormatan yang patut dijaga, kekuatan (berbagai varian maknanya) yang bertaut marwah, berbingkai harga diri. Tanjak merupakan lambang amanah sesuai kualitas yang memakai. Tanjak simbul bingkai peradaban,  bukan sebatas dipakai namun jauh kepribadian.

Kepada para pembaca di dalam negeri dan luar negeri, Sukarno, SIP, SS memohon doa, "Mohon do'anya semoga Sukarno, SIP, SS & keluarga dikaruniai banyak rezeki yang barokah, ilmu yang bermanfaat, hidup yang istiqomah, umur panjang barokah, selalu sehat, sukses, selalu dilindungi & diridhoi Allah swt. aamiin. ya rabbal aalamiin."

Sukarno, SIP, SS mengungkapkan, "Bagi teman-teman yang ingin berbagi pengalaman tentang kepenulisan, kepemimpinan, organisasi, jurnalistik, wisata, pendidikan, kebijakan pemerintah, dll dapat menghubungi nomor WhatsApp 0816341810. Mohon rekan-rekan media bantu bagikan info penting ini dan viralkan. Terima kasih."
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Sistem Pembayaran

Definition List

Unordered List

Support